Pengabdian masyarakat merupakan salah satu tri darma perguruan tinggi. Pengabdian tersebut dapat dilaksanakan melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Banyak sekali program pengabdian yang dapat dilaksanakan mahasiswa KKN, program tersebut disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat serta sesuai jaman.

Mahasiswa KKN UNS melaksanakn program kerja Pelatihan Digital Marketing dan Optimalisasi Desa Digital. Dalam rangka supporting dan mengoptimalisasikan desa digital yang sedang dijalankan oleh PemDes dan masyarakat Desa Poncowarno.

Pelatihan digital marketing bertujuan untuk mensosialisasikan kepada pemilik UMKM yang berada di Desa Poncowarno. Kegiatan ini diwujudkan dengan pelatihan digital marketing yang  pada saat ini semua kegiatan jual-beli sudah dapat dilakukan secara online melalui sosial media dan platform jual beli online.

Desa Poncowarno sudah beralih dari era konvensional ke era digital, yang mana PemDes Desa Poncowarno sudah menyebarluaskan informasi kegiatan apapun yang sedang berlangsung di Desa Poncowarno melalui website resmi desa dan sosial media, salah satunya adalah Instagram.

Pengoptimalisasian desa digital ini bertujuan agar masyarakat Desa Poncowarno dapat meningkatkan prestasi desa dalam hal apapun, salah satunya adalah bertambahnya jumlah viewers pada website resmi Desa Poncowarno.

Sementara itu, PemDes Desa Poncowarno menanaggapi support melalui program kerja KKN mahasiswa UNS ini adalah sesuatu yang sanget berguna untuk masyarakat dan juga Desa Poncowarno. Masyarakat Desa Poncowarno menjadi lebih paham terhadap perkembangan zaman yang sudah serba digital. Mulai dari UMKM sampai masyarakar Desa Poncowarno. Semoga program-program KKN dapat bermanfaat bagi masyarakat serta selalu dapat bersinergi dengan pemerintah daerah.

Editor

Moh Sayful Zuhri