Kamis (25/8) mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret resmi ditarik dari lokasi KKN. Kegiatan penarikan dilaksanakan secara hybrid yakni virtual zoom di masing-masing lokasi KKN. Kegiatan KKN diikuti oleh pemerintah daerah dan jajarannya, Camat, Kepala Desa, DPL, mahasiswa, dan tamu undangan.

Pada kesempatan kali ini kegiatan penyerahan mahasiswa kepada universitas secara simbolis diwakilkan oleh Ibu Umi Lailatin, S.Sos., M.M selaku Kabid Penelitian dan Pengembangan Bapedda Kabupaten Wonogiri.

“Melalui program KKN ini mahasiswa dapat belajar di masyarakat, semoga UNS dan pemda di lokasi KKN selalu bersinergi untuk membangun Indonesia melalui program pengabdian masyarakat ini.” ujar Ibu Umi ketika memberikan sambutan.

Harapannya melalui program KKN terdapat sinkronisasi program yang berkelanjutan antara UNS dan pemerintah daerah. Serta selalu terjalin kerja sama yang baik agar pembangunan di daerah dapat teratasi melalui akademisi muda.

Penerimaan kembali mahasiswa di kampus dilaksanakan oleh Prof. Dr. Sudibya, M.S selaku Kepala UPKKN UNS.

“Terima kasih kepada pemerintah daerah lokasi KKN UNS yang telah memberikan kesempatan kepada adik-adik mahasiswa sehingga dalam 45 hari dapat belajar dan terjun langsung di masyrakat. Untuk mahasiswa setelah kembali ke kampus jangan lupa segera diselesaikan laporan KKN-nya.” ujar Prof. Sudibya ketika memberikan sambutan acara penarikan.

Setelah selesai 45 hari di lokasi KKN, mahasiswa masih mempunyai tanggung jawab yakni menyelesaikan luaran-luaran KKN. Luaran KKN merupakan bentuk pelaporan dan hasil program ketika pelaksanaan KKN yang dibagi menjadi 2 yakni luaran bersifat individu dan kelompok. Luaran individu berupa logbook harian dan resume program kerja. Sedangkan luaran bersifat kelompok seperti video dokumenter, press release, artikel pengabdian masyarakat dan LPJ dan SPJ KKN.

Semoga mahasiswa sebagai salah satu agent of change di masyarakat melalui program KKN dapat selalu memberikan kebermanfaatan. KKN merupakan salah satu program pengabdian masyarakat di perguruan tinggi. Semoga mahasiswa KKN UNS selalu mengbdikan diri bagi nusa dan bangsa serta dapat mengimplementasikan keilmuannya di masyarakat.

Penulis

Moh Sayful Zuhri