Direktorat Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Sebelas Maret (DRAK UNS) Surakarta mengadakan kunjungan ke Kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Magelang pada hari Selasa, 2 Agustus 2022.

Kunjungan kali ini dilakukan guna memenuhi undangan rapat koordinasi dari Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Magelang. Hal ini terkait tentang kerja sama mahasiswa KKN di desa Gulon Kabupaten Magelang dengan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam pendampingan pengusaha UMKM untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) guna Peningkatan Kesejahteraan Melalui Digital Marketing.

Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Dr. Sutanto, S.Si. DEA. menyampaikan bahwa mahasiswa KKN di Desa Gulon nantinya akan mendampingi masyarakat dalam hal ini pengusaha UMKM untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha. Langkah awal yang telah dilakukan yaitu pengumpulan data dan foto produk UMKM di Desa Gulon. Dilanjutkan dengan kegiatan Sosialisasi Sistem Pasar Digital dan Pendaftaran Merek Produk.

“Mahasiswa kami arahkan untuk membuatkan Whatsapp Business sebagai wadah berjualan para pelaku UMKM dan katalog produk-produk UMKM Desa Gulon yang nantinya jika sudah terlaksana akan dilakukan sosialisasi ketika peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2022 mendatang di Desa Gulon,” jelas Dr. Sutanto pada rapat koordinasi di Kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Magelang pada Selasa (2/8/2022).

Mahasiswa KKN juga akan memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada pemuda-pemudi Karang Taruna Desa Gulon guna membantu pengoperasian Sistem Pasar Digital ini ketika sistem sudah jadi dan siap digunakan. Sosialisasi Sistem Pasar Digital ini nantinya juga akan dilakukan saat ada kegiatan seremonial di sekitar Desa Gulon guna menumbuhkan keinginan warga sekitar untuk membuat produk unggulan yang dapat dijual dan dipromosikan guna memperbaiki perekonomian masyarakat di Kabupaten Magelang.