Unit Pengelola Kuliah Kerja Nyata (UPKKN) UNS menyelenggarakan pembekalan mahasiswa yang akan melaksanakan KKN. Tujuan diadakan pembekalan adalah agar mahasiswa lebih siap sebelum terjun kem masyarakat. Pembekalan KKN dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu secara online.

“Ucap syukur kepada Tuhan bahwa kita semua dapat melaksanakan kegiatan pembekalan KKN Periode Semester Agustus 2022-Januari 2023”, kata Prof. Dr. Sudibya, M.S., selaku Kepala UPKKN UNS

Pembekalan hari pertama (25/6) dibuka langsung oleh Kepala UPKKN, Prof. Dr. Sudibya, M.S.,. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber. Materi tentang gambaran umum pelaksanaan KKN disampaikan oleh Dr. Suryadi Budi Utomo, M. S.. Yayan Suherlan, S.Sn., M. Sn. Menyampaikan materi terkait tata tertib pelaksanaan KKN. Dilanjutkan materi Mekanisme Pelaksanaan dan IT yang disampaikan oleh Sahirul Alim Tri Bawono, S.Kom., M.Eng. Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dimoderatori oleh Dr.Yudi Rinanto M.P.

Pembekalan hari kedua (26/6) dilanjutkan dengan penyampain materi seperti materi teknologi tepat guna yang disampaikan oleh Dr.Yudi Rinanto M.P. Kemudian Drs.Waridi Hendro Saputro, M.Si. menyampaikan materi yakni komunikasi efektif. Materi Proposal dan Laporan KKN disampaikan oleh Dr. Suryadi Budi Utomo, M. S. Selain itu materi keuangan dan SPJ disampaikan oleh Tim Keuangan yakni Ernaningsih Sulestyowati, S.Sos. dan Dhimastuti Setyo Wahyuningsih. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dimoderatori oleh Sahirul Alim Tri Bawono, S.Kom., M.Eng.

Mahasiswa cukup antusias dan kritis dalam berkegiatan pembekalan KKN. Harapannya melalui kegiatan pembekalan ini mahasiswa dapat siap ketika terjun di masyarakat. Sehingga mahasiswa dapat mengaplikasikan keilmuannya dengan maksimal.

Moh Sayful Zuhri

UPKKN UNS