Salah satu tri darma perguruan tinggi adalah pengabdian masyarakat. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan mahasiswa dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat diantaranya adalah kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata). Kegiatan KKN dilakukan semua mahasiswa yang telah memenuhi syarat termasuk mahasiswa asing. Pelaksaan KKN pada periode semester Februari-Juli terdapat satu kelompok KKN yang diikuti oleh mahasiswa asing di Timor Leste.

Mahasiswa asing yang tergabung dalam KKN Timor Leste berjumlah 6 mahasiswa. Mahasiswa KKN Timor Leste melaksanakan berbagai bidang kegiatan seperti pendidikan, ekonomi dan lain sebagainya. Selain itu mahasiswa tersebut melaksanakan program mengasah kreatifitas bagi penyandang difabilitas dibawah pimpinan Roma Adrian Ola Duli.

Meskipun secara simbolis pelaksanaan KKN telah ditarik, namun kegiatan tetap dapat dilaksanakan. Di bawah bimbingan Dr. Revi Gama Hatta Novika, SSt., M. Kes, mahasiswa KKN Timor Leste melaksanakan KKN di lokasi. Kegiatan di rumah difabilitas yakni pembuatan taman Bunda Maria, pelatihan kretaifitas, dan sosialisasi kewirahusaan bagi penyandang difabilitas. 

Selain itu dengan koordinasi dengan Moh Sayful Zuhri, M. Pd. selaku reviewer Tim KKN Timor Leste mahasiswa melaksanakan program pengabdian. Kegiatan dilaksanakan seperti mahasiswa pada umumnya yakni pengajuan proposal kegiatan hingga pelaksanaan KKN.

“Mahasiswa KKN Timor Leste cukup aktif dalam koordinasi terkait pelaksanaan KKN.” kata Zuhri.

Mahasiswa KKN memberikan pelatihan bagi penyandang difabilitas dalam mengasah kreatifitas. Pembuatan karya dalam kreatifitas  seperti merajut, pembuatan rumah-rumahan, dan sebagainya. Selain untuk mengasah kreatifitas, dalam program ini juga dilaksanakan pelatihan kewirahusahaan yang nantinya dapat menjadi souvenir ketika berkunjung. Serta untuk menambah nilai jual mahasiswa KKN juga mempromosikan ke tempat wisata, hotel, dan melalui media sosial.

Di rumah difabilitas terdapat taman Bunda Maria untuk beribadah. Program KKN pembuatan taman Bunda Maria juga dilaksanakan agar penyandang difabilitas lebih giat dalam beribadah. Ketika beribadahpun dapat nyaman dengan suasana taman  yang baru. di tempat ibadah.

Sabtu (6/3) telah dilaksanakan penarikan mahasiswa KKN Timor Leste. Pelaksanaan dilaksanakan secara hybrid yang dilanjutkan dengan kegiatan ramah-tamah.

“Semoga mahasiswa UNS selalu memberikan manfaat bagi masyarakat kami dan semoga hubungan kerjasama ini masih terus berjalan ke depannya.” terang Roma Adrian Ola Duli ketika memberikan sambutan penarikan KKN.

Harapannya mahasiswa KKN UNS selalu memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat tak terkecuali bagi mahasisa asing. Dari hal ini semoga dapat pelaksanaan pengabdian masyarakat dapat teraplikatif dengan baik ketika telah lulus dari UNS. 

Moh Sayful Zuhri

UPKKN UNS